Bagaimana menjadikan siswa aktif sejak awal ?
- Pembentukan tim : Membantu siswa menjadi lebih mengenal satu sama lain atau menciptakan semangat kerjasama dan kesalingtergantungan
- Penilaian serentak : Mempelajari tentang sikap, pengetahuan, dan pengalaman siswa
- Pelibatan belajar secara langsung : Menciptakan minat awal terhadap pelajaran
Bagaimana membantu siswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara aktif ?
- Proses belajar satu kelas penuh : Pengajaran yang dipimpin oleh guru yang menstimulasi seluruh siswa
- Diskusi kelas : Dialog dan debat tentang persoalan - persoalan utama
- Pengajuan pertanyaan : Siswa meminta penjelasan
- Kegiatan Belajar Kolaboratif : Tugas dikerjakan secara bersama dalam kelompok kecil
- Pengajaran oleh teman sekelas : Pengajaran yang dilakukan oleh siswa sendiri
- Kegiatan belajar mandiri : Aktifitas belajar yang dilakukan secara perseorangan
- Kegiatan belajar aktif : Kegiatan yang membantu siswa memahami perasaan, nilai-nilai, dan sikap mereka
- Pengembangan keterampilan : Mempelajari dan mempraktikkan keterampilan, baik teknis maupun non - teknis
Bagaimana menjadikan belajar tak terlupakan ?
- Peninjauan : Mengingat dan mengikhtisarkan apa yang telah dipelajari.
- Penilaian diri : Mengevaluasi perubahan-perubahan pengetahuan, keterampilan atau sikap
- Perencanaan masa mendatang : Menentukan bagaimana siswa akan melanjutkan belajarnya setelah pelajaran berakhir
- Ungkapan perasaan terkahir : Menyampaikan pikiran, perasaan, dan persoalan yang dihadapi siswa pada akhir pelajaran.
Yang jelas penulis memberi saran khususnya kepada pribadi penulis bahwa :
- Jangan bereksperimen secara berlebihan. Anda cukup mencoba metode baru sekali dalam seminggu
- Ketika anda memperkenalkan sebuah metode kepada siswa, tawarkanlah alternatif dari cara-cara biasa yang menurut anda layak dicoba. Mintalah tanggapan mereka.
- Jangan bebani siswa dengan sedemikian banyak kegiatan. Yang sedikit acapkali berarti banyak. Gunakan beberapa saja untuk menyemarakkan kelas anda.
- Usahakan agar pengajaran anda sejelas mungkin. Peragakan atau ilustrasikan apa yang mesti dilakukan siswa agar mereka tidak mengalami kebingungan yang dapat menghambat mereka dalam mendapatkan manfaat dari teknik itu.
Artikel ini akan terus bersambung, edisi kali ini merupakan analisis kritis secara umum. Untuk lebih khusus dan detail masalah bagaimana mengaplikasikan active learning di kelas, dan apa saja perangkat yang dibutuhkan dan apa saja pula inovasi pembelajaran yang terkandung dalam ulasan active learning.
Semoga kita berhasil....
Artikel ini dikembangkan dari buku asli "Active Learning" Pengarang "Melvin L. Silberman"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar